Jumat, 21 Oktober 2011

Diagram Alur (Flowchart)


Flowchart adalah suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program.
Simbol simbol yang digunakan adalah sebagai berikut :

Proses/prosessing,satu atau beberapa himpunan penugasan yang akan dilaksanakan secara berurutan.

Input / Output data yg akan dibaca & dimasukan ke dalam memori komputer dari suatu alat input
  
Terminal, berfungsi sebagai awal (berisi ‘Start’) & sebagai akhir (berisi ‘End’) dari suatu proses alur.

Decision (kotak keputusan) berfungsi utk memutuskan arah/percabangan yg diambil sesuai dgn kondisi yg dipenuhi, yaitu Benar/Salah. (dibahas dalam struktur branching).

Subroutine digunakan untuk menjalankan proses suatu bagian (sub program) atau prosedur.


Preparation digunakan untuk pemberian harga awal.


 
Connector/penghubung,digunakan untuk menghubungkan diagram alur yang terputus dimana bagian tersebut masih berada pada halaman yang sama.

On page Connector, Untuk menghubungkan sambungan dari bagian flowchart yang terputus dimana sambungannya berada pada halaman lain.

Flowline, menunjukkan bagian arah instruksi dijalankan






Diagram Alur untuk Program Komputer.
Pada dasarnya suatu program komputer umumnya terdiri atas :
1.      Pembacaan / pemasukan data ke dalam computer
2.      Melakukan komputasi/perhitungan terhadap data tersebut
3.      Mengeluarkan / mencetak/ menampilkan hasilnya.

Flowchart terdiri dari tiga struktur :
1. Stuktur squence / Struktur sederhana
    Contoh :       
 













2. Struktur Branching
    Contoh :   














3. Stuktur Looping
    Contoh :
 












Catatan :
Ketiga struktur diatas dapat digunakan secara bersamaan pada satu diagram alur.

Memberi harga kepada suatu Variabel (Cara I)
Suatu variabel dapat diartikan sebagai suatu nilai yg dapat berubah harganya.
Contoh menggambarkan pemberian harga suatu variabel :
      X=5variabel X diberi harga sebesar 5


Kotak proses/penugasan dpt berfungsi antara lain untuk :
Variabel C diberi harga sebesar harga var. P dikurangi harga var. Q (dlm hal ini, harga variabel P & Q harus sudah ada)     Harga yg terbaru dari variabel N adalah harga lama dari variabel N ditambah 1 (atau dengan kata lain, harga variabel N bertambah1)  Harga yg baru dari var. S adalah harga lama S ditambah dengan harga variabel T.
Jenis variabel terbagi atas 2 macam, yaitu :
1. Variabel Numerik/bil.,
2. Variabel untai kata/string,
Memberi harga kepada suatu variabel (Cara II)
Dgn menggunakan kotak masukan/baca/input/read,
STRUKTUR SQUENCE / STRUKTUR SEDERHANA
Diagram yang alurnya mengalir secara berurutan dari atas ke bawah atau dengan kata lain tidak adanya percabangan atau pengulangan .
 
Keterangan:
  1. Masukan Nilai Variabel A
Mis : 3
  1. Proses A dengan A*2
  2. Cetak hasil proses diatas
A=A*2 menghasilkan A=6
Contoh Soal.
 Buatlah Flowchartnya dari pseudocode berikut ini:
   a. Masukan kode barang
   b. Masukan harga barang
   c. Masukan Jumlah barang
   d. Hitung bayar = harga * Jumlah barang
   e. Jika bayar >= 100.000 maka diberikan discount 10%, selain dari itu tidak mendapat discount
   f. Hitung total bayar = bayar - discount
   g. Cetak total bayar ***********************************************************************************

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar