Rabu, 24 Agustus 2011

Arti Sahabat


Apa sih arti dari sebuah persahabatan?? 
Ada yang bilang sahabat itu adalah teman yang benar-benar dekat sampai tahu hal-hal kecil tentang kita. Ada juga yang bilang sahabat itu kalau kemana-mana selalu bareng. Tetapi salah satu sahabat saya bilang, sahabat itu adalah teman dalam suka dan duka, tapi tahu batas dimana suatu saat ketika teman dapat masalah, kita harus membiarkan dia mengatasi masalahnya sendiri agar teman tersebut tumbuh lebih matang dan mandiri.

Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi mencari perhatian, pertolongan dan pernyataaan kasih dari orang lain, tetapi justru ia berinisiatif memberikan dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya.


Apa saya pantas disebut sahabat?
Saya menganggap sahabat adalah orang yang bisa melihat kita dari hati ke hati, bukan karena tampang, materi, latar belakang, pendidikan dan lain-lain. Karena itu saya memang jarang menanyakan hal-hal yang berbau privacy ke sahabat-sahabat saya. Saya lebih sebagai pemberi masukan dan penerima keluh kesah sahabat-sahabat saya. Bukannya saya orang yang nggak peduli dan nggak mau tau, tapi menurut saya persahabatan bukan dinilai dari sedalam apa kita tau tetek bengek orang tersebut, melainkan sedalam apa kita memahami orang tersebut. Saya sudah ngerasain pahitnya persahabatan ketika saya bilang dia sahabat saya, ternyata dia hanya "memanfaatkan" saya. Ketika saya sedang jatuh, dia malah meninggalkan karena merasa ga ada yang bisa diberikan oleh saya.

Pahitnya persahabatan sering kali saya rasakan selama ini. Dan penyebabnya gag lain gag bukan adalah masalah "Pacar" dari orang yang selama ini saya anggap sahabat.
Sakitnya penghianatan seorang sahabat lebih sakit dari penghianatan seorang kekasih. Tapi mengapa selama ini setiap orang menganggap lebih penting sang pacar daripada "Sahabat"?? Padahal disaat mereka mengalami masalah dengan kekasihnya selalu lari tuk meminta pertolongan kepada sahabatnya. 
Persahabatan diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka, dihibur – disakiti, diperhatikan – dikecewakan, didengar – diabaikan, dibantu – ditolak, namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kebencian.

Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati, namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya.
.Siapa yang berada di samping Anda ??
.Siapa yang mengasihi Anda saat Anda merasa tidak dicintai ??
.Siapa yang ingin bersama Anda saat Anda tak bisa memberikan apa-apa ??

MEREKALAH SAHABAT ANDA.
Hargai dan peliharalah selalu persahabatan Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar